Kamis, 07 Juni 2012

rohmad.net

rohmad.net


Cara merencanakan Gaji dan Mencapainya

Posted: 06 Jun 2012 07:49 PM PDT

Sudahkah anda membuat perencanaan gaji anda? Membuat target, berusaha mencapai target, dan mengevaluasinya? Apakah saat ini posisi gaji belum mencapai target, meet target, atau mungkin melewati target?

Perencanaan ini sebaiknya dibuat ketika mulai kerja. Bagi anda yang belum pernah membuat planning ini, mulailah sekarang. Lebih baik terlambat dari pada tidak memulai sama sekali, dalam bahasa kerennya “Tidak ada kata terlambat!”

Tulis keinginan anda. Berapa gaji yang anda inginkan di tahun pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Di akhir tahun, catat yang anda dapatkan, dan evaluasi. Apakah meet ekspektasi apa tidak?

Bila tidak meet ekspektasi, apa yang akan anda lakukan? Berikut ini saran buat anda, saran ini pernah saya lakukan, dan akan saya lakukan terus. Saya juga seperti anda, ingin gajinya naik terus :)

  • Apakah kenaikan gaji tahun ini terlalu kecil? Rencanakan tahun depan naik gaji lebih besar lagi. Sudah pasti, bekerja harus lebih giat lagi :)
  • Apakah tahun ini anda layak mendapatkan promosi? Pertimbangkan untuk minta advice dengan atasan. Sampaikan bahwa anda sudah layak untuk promosi. Promosi bisa dua macam, naik level (golongan) atau naik [memegang] jabatan [baru]. Keduanya sudah pasti diikuti dengan kenaikan gaji.
  • Bila perusahaan tempat anda bekerja saat ini tidak memungkinkan anda mencapai target gaji, pertimbangkan untuk pindah perusahaan. Kalau saya membuat ‘aturan’ begini, dalam dua atau tiga tahun saya harus membuat lompatan gaji yang berarti; bila di perusahaan sekarang tidak bisa mencapainya, sudah saatnya bagi saya untuk merapikan CV :)

Itu mengenai gaji. Kalau mengenai pendapatan, beda lagi. Pendapatan bukan sekedar dari gaji, cakupannya lebih luas.

Segitu dulu sharing dari saya. Bukan bermaksud menggurui, sekedar memberi semangat :) Nanti kapan-kapan saya sharing lagi bagaimana caranya minta promosi, bukan sekedar teori, tetapi apa yang telah saya lakukan.


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all