Rabu, 13 Juni 2012

rohmad.net

rohmad.net


Product ETL, database, datawarehouse, dan BI

Posted: 12 Jun 2012 11:49 PM PDT

Menyambung tulisan mengenai arsitektur darawarehouse dan business intelligence, berikut ini nama-nama/merk/product database, ETL, dan BI di pasaran:

Brand/company OLTP datawarehouse ETL BI environment
IBM IBM DB2 InfoSphere Warehouse,IBM Netezza Data Warehouse Appliances InfoSphere Information Server (DataStage) Cognos, SPSS
Oracle Oracle Database, TimesTen In-Memory Database Oracle Database, Oracle Exadata Database Oracle Warehouse Builder, Oracle Data Integrator Oracle Business Intelligence
Microsoft SQL Server SQL Server Parallel Data Warehouse SQL Server Integration Services Microsoft Business Intelligence (SQL Server Analysis Services, SharePoint, Office)
SAP Sybase Sybase SAP Business Objects Data Integrator SAP Business Objects BI
MySQL/Oracle MySQL
Abinitio Abinitio
Informatica Informatica PowerCenter
MicroStrategy MicroStrategy
SAS SAS Enterprise Data Integration Server SAS Business Intelligence
Pentaho Pentaho Data Integration Pentaho Reporting, Data Mining, DashBoard


IBM, Oracle, Microsoft, dan SAP mempunyai solusi end to end, mulai dari database OLTP (online transactional processing), ETL (extraction, transformastion, loading), datawarehouse yang merupakan database yang diperkaya dengan kemampuan OLAP (online analytical processing), dan business intelligence (BI).

Database

Kebanyakan product database di atas (Oracle Database, Sybase, Microsoft SQL Server, dan IBM DB2) bisa dipakai baik untuk OLTP maupun datawarehouse; waktu implementasi hanya tinggal memilih option atau konfigurasi untuk yang OLTP atau datawarehouse, kadang-kadang paket CD untuk OLTP dan datawarehouse dibuat terpisah.

Oracle TimesTen In-Memory Database khusus dipakai untuk OLTP; data storage dan data processing semuanya dilakukan di physical memory sehingga processnya jauh lebih cepat (disebut Timesten karena diklaim sepuluh kali lebih cepat) dibandingkan database konvensional lainnya. MySQL [yang merupakan free software] banyak dipakai untuk aplikasi web, sangat tidak cocok untuk datawarehouse yang menyimpan dan mengolah data yang sangat besar. Saat ini MySQL dimiliki oleh Oracle, namun masih berstatus sebagai free software.

Untuk datawarehouse seperti Netezza dan Oracle Exadata, saya sudah membahasnya di database appliance.

ETL

Catatan untuk produck ETL dari Oracle dan Microsoft, sebenarnya keduanya lebih tepat disebut sebagai ELT (extraction, Loading, transformation) karena proses transformation dilakukan di dalam database (datawarehouse) setelah data di-load. Entah ETL maupun ELT, keduanya mempunyai tugas yang sama.

Catatan untuk Pentaho. Ini adalah product open source, yang mempunyai product untuk ETL dan BI.


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all