Sabtu, 15 Desember 2012

alamindawa

alamindawa


Cara instal windows 7 menggunakan USB Drive Part 2

Posted: 15 Dec 2012 01:06 AM PST

Pada Cara instal windows 7 menggunakan USB flash disk sebelumnya yang pernah saya tulis, bahwa Flash Disk memiliki kecepatan lebih baik ketika kita ingin menginstal Windows 7 dibanding menggunakan DVD. Alasan lain biasanya jika komputer atau notebook kita tidak memiliki drive DVD. Cara pertama di atas tersebut sebenarnya sudah bisa kita gunakan untuk windows 7 melalui USB Drive, tapi kadang berhasil booting kadang juga gagal, saya juga belum tau sebabnya mungkin tergantung jenis flash disk yang kita gunakan.

Pada part 2 ini, kita akan menggunakan Power Iso versi 4.8 atau versi lebih baru. Nah yang belum instal Power Iso silahkan download dulu di sini, kemudian instal ke komputer kamu kemudian jalankan keygen-nya agar full fiturnya berfungsi.

Siapkan File ISO Windows 7, yang belum punya bisa download di sini, atau yang punya DVD Windows 7 dan ingin di jadikan ISO bisa lihat caranya di sini.

Baiklah kita mulai:
Langkah 1:

  1. Siapkan flash disk dengan kapasitas minimal 4GB. Format flash disk ke FAT32.
  2. Jalankan PowerISO (Harus v4.8 atau versi yang lebih baru).
  3. Masukkan USB drive (flash Disk).
  4. Kemudian dari menu “Tools” pada Power Iso, pilih Create Bootable USB Drive, akan muncul kotak dialog pop-up. Jika Anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7, Anda perlu mengkonfirmasi dialog UAC untuk melanjutkan.
  5. Pada kotak dialog Create Bootable USB Drive, klik tombol “…” untuk membuka file ISO windows 7.
  6. Pada “Destination USB Drive”, Pilih drive USB tujuan.
  7. Di “Write Method” di rekomendasikan pilih “USB-HDD”.
  8. Klik tombol “Start” untuk membuat bootable Windows 7.

Jika tidak terjadi kesalahan dalam proses di atas, Anda sekarang sudah siap men-setup Windows 7 dari USB drive tersebut.

Langkah 2:
Sekarang lakukan restart laptop/pc dan masuk ke konfigurasi BIOS untuk boot dari USB. Pada umumnya caranya seperti ini:

  1. Restart laptop/pc
  2. Sementara booting (sebelum Windows mulai memuat), masuk ke layar konfigurasi BIOS dengan menekan sesuatu seperti F1, F2, Hapus atau Escape. Petunjuk hotkey untuk masuk ke konfigurasi BIOS biasanya tertera pada layar awal.
  3. Masuk ke bagian yang berisi perangkat boot.
  4. Dengan posisi drive USB terpasang ketika booting, drive USB pasti tercantum pada daftar boot. Jika tidak, sistem anda mungkin tidak mendukung boot dari USB. Dengan asumsi bahwa perangkat anda mendukung boot dari USB (seperti halnya pada hampir semua perangkat keras modern saat ini), bawa drive USB ke perangkat boot utama atau no. 1 (paling atas).
  5. Simpan dan keluar dari pengaturan BIOS.

Langkah 3: Boot dan setup windows 7 dari drive USB:
Dengan asumsi bahwa BIOS Anda telah dikonfigurasi dengan benar dan mendukung booting drive USB, Proses instalasi windows 7 sekarang sudah di mulai. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada kecepatan drive USB Anda.
Jika tidak bekerja, maka periksa hal berikut:

  • Apakah BIOS anda benar dikonfigurasi untuk boot dari perangkat USB? (Apakah perangkat USB terdaftar dan apakah itu memiliki prioritas utama atau no. 1?)
  • Apakah anda benar-benar telah mempersiapkan drive USB pada langkah satu? (Ulangi prosedur.)
  • Apakah drive USB anda bisa dipakai untuk booting? (Coba yang lain!)
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all