Rabu, 12 Desember 2012

Blognya Masrahmat

Blognya Masrahmat


Hari ini Tanggal 12-12-2012 Ada Apa Ya ?

Posted: 11 Dec 2012 07:42 PM PST

Hari ini Tanggal 12-12-2012 Ada Apa Ya ? - Hari ini merupakan hari dengan tanggal cantik yaitu 12-12-2012. Seperti di isukan tentang kiamat desember 2012 dulu, kira-kira apa yang akan terjadi pada bulan desember ini ya, kata orang pintar akan ada bencana di bulan desember 2012.

Kalau bukan tanggal 12-12-2012 apakah mungkin tanggal 21-12-2012?. Ya kita lihat aja, perkembangan berita di penghujung tahun 2012 ini. Kira-kira ramalan kiamat 2012 terbukti ngga, minimal ada sebuah peristiwa besar lah. Kalau ga terbukti berarti semua itu hanya cari sensasi saja. Bukankah begitu...?

Inilah Arti Redenominasi Rupiah Yang Harus Anda Ketahui

Posted: 11 Dec 2012 05:59 PM PST

Arti Redenominasi Rupiah Yang Harus Anda Ketahui - Pembahasan rencana Pemerintah untuk melakukan redenominasi rupiah sepertinya sedang dimulai dari sekarang. Sebenarnya apa arti dari Redenominasi rupiah itu? Saya yakin masyarakat awam masih banyak yang belum paham, karena itulah kali ini saya akan menjelaskan arti redenominasi rupiah dan hal-hal yang perlu Anda ktahui tentang redenominasi rupiah.

Redenomiasi rupiah adalah penyederhanaan nilai mata uang atau dengan kata lain pengurangan nilai mata uang, tetapi tidak mengurangi nilai tukar dari mata uang yang dikurangi tersebut.

Sebagai contoh Nilai Mata Uang Rupiah Rp. 1.000,- (seribu rupiah) nantinya akan menjadi Rp. 1,- (satu) rupiah saja, Rp. 10.000,- akan menjadi Rp. 10,- (intinya nilai mata uang sekarang dikurangi dengan tiga digit nominal). Memang saat ini masih ada pembahasan, berapa digit yang akan dihilangkan. 3 digit atau 2 digit.

Walaupun hal ini baru merupakan wacana saja karena pemerintah juga belum menyetujuinya, tetapi pastinya hal ini akan menjadi perbincangan di mana-mana. Baik itu ditingkat pebisnis kelas kakap sampai pedagang kecil kelas teri. Tak dapat dibayangkan betapa lama dan repotnya sosialisasi yang harus dilakukan jika nantinya program redenominasi rupiah tersebut betul-betul dilaksanakan. Belum lagi terkait biaya yang harus dikeluarkan sebagai pengganti uang rupiah lama dengan yang baru.


Rencananya redenominasi rupiah ini akan dilaksanakan secara penuh pada tahun 2022 nanti dan untuk masa sosialisasinya akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2013 yang akan datang. Selama masa sosialisasi tersebut, akan digunakan 2 (dua) jenis mata uang rupiah yaitu rupiah lama dan rupiah baru.

Jadi selama masa transisi, masyarakat bisa memilih mau membayar barang dengan mata uang rupiah lama atau mata uang rupiah baru.

Dampak terhadap harga-harga barang. 

Darmin Nasution., Gubernur Bank Indonesia (BI), dalam beberapa kesempatan menyampaikan bahwa redenominasi tidak akan berdampak terhadap kenaikan harga-harga atau inflasi karena tidak akan ada pennurunan nilai rupiah. Secara teoritis memang benar, namun tidak selalu demikian. Kenaikan harga-harga atau inflasi tidak selalu dipengaruhi oleh hitung-hitungan kuatitatif antara supplai uang dan suplai barang. Indflasi juga sangat dipengaruhi oleh ekpektasi dan sentimen pelaku pasar. 

Meskipun sangat berbeda antara redenominasi dengan sanering, banyak anggota masyarakat yang nantinya belum dapat membedakan antara keduanya. Ketidaktahuan ini, begitu pula trauma sanering, bisa menimbulkan kepanikan bahwa uangnya akan merosot nilainya. Efek psychologi dari kepanikan membuat masyarakat "tidak percaya" memegang mata uangnya sehingga membelanjakan atau memborong barang seperti properti, emas, kendaraan dan barang berharga lainnya. Alhasil hukum penawaran permintaan terjadi dan harga-harga barang bisa naik. Penyebab lainnya bisa terjadi karena ulah pengusaha / pedagang yang mungkin "nakal" yang ikut-ikutan menaikan harga jual barang/jasa mereka karena beranggapan harga mereka terlalu rendah. Terakhir kenaikan barang yang menyebabkan inflasi bisa saja terjadi karena adanya fenomena pembulatan harga keatas, Barang-barang yang semula berharga Rp5.600-5.800, sekarang dipasang Rp6,-. Pembeli masih mengira ah cuma naik 40-20 sen.

Oleh sebab itu akan dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak agar tidak ada pihak-pihak yang mencuri kesempatan "menaikan harga" jual dagangan mereka karena tiba-tiba harganya "terkesan" murah. Contoh kita biasa makan steak klas kaki lima seharga Rp. 40,000 sampai dengan Rp. 50,000,-. Dengan adanya redenominasi mendadak harganya jadi "cuma" Rp.40-50 dan terkesan murah. Ketika harga steak dinaikkan menjadi Rp60-70 kita tidak segera menyadarinya bahwa harga sebenarnya sudah 70 ribu rupiah. Ini yang kemudian menjadikan hyper-inflasi. 

Implementasi

Berbeda dengan sanering yang dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan lebih dahulu, redenominasi harus dilakuakn secara pelan-pelan dan dipersiapkan sebaiknya-baiknay. Rencananya redenominasi rupiah ini akan dilaksanakan secara penuh pada tahun 2022 nanti dan untuk masa sosialisasinya akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2013 yang akan datang. Selama masa sosialisasi tersebut, akan digunakan 2 (dua) jenis mata uang rupiah yaitu rupiah lama dan rupiah baru. Jadi selama masa transisi, masyarakat bisa memilih mau membayar barang dengan mata uang rupiah lama atau mata uang rupiah baru.

Dari pengalaman beberapa negara yang sudah melakukan redenominasi diperlukan waktu minimal 10 tahun untuk implementasinya. Negara yang terakhir melaksanakan redenominasi, Turki, memerlukan waktu 10 tahun untuk merealisaikannya. Perinciannya:

  1. 1 tahun untuk sosialisasi guna memberikan penjelasan yang seluas-luasnya tentang makna redenominasi.

  2. 3 tahun berikutnya adalah masa transisi. Dalam masa ini dimasyarakat berlaku dua jenis mata uang, yang lama dan yang baru beredar bersama-sama. Dalam cetakan mata uang baru, dengan huruf yang tersamar masih bisa dibaca angka dalam mata uang lama. Jadi untuk mata uang baru Rp1,- tulisan Rp1.000 masih bisa terbaca.

  3. 3 tahun berikutnya adalah masa penarikan uang lama dari peredaran. Dalam masa ini uang lama yang masuk ke BI tidak akan diedarkan lagi tapi diganti dengan uang baru. Penampilan masih sama, yaitu angka pecahan uang lama secara tersamar masih bisa dibaca,

  4. 3 tahun terakhir masa penghapusan tulisan yang tersamar pada mata uang baru. Diharapkan pada akhir tahun ke 10 seluruh telah beredar uang baru yang bersih dari tulisan yang tersamar.
Pasti akan menimbulkan pro-kontra terhadap wacana ini. Terlebih dalam era reformasi ini hampir semua gagasan pemerintah selalu dilihat dari sisi negatifnya oleh mereka-mereka yang mengatasnamakan wakil rakyat. Kita tunggu saja kelanjutan berita redenominasi rupiah ini.

Inilah Foto Rihanna Tanpa Celana Yang Tersebar Di Instagram

Posted: 11 Dec 2012 05:41 PM PST

Inilah Foto Rihanna Tanpa Celana Yang Tersebar Di Instagram - Lagi-lagi artis bikin heboh. Kali ini terjadi pada artis dunia sekaligus penyanyi Rihanna. Pemeran dalam fim The Battle tersebut dikabarka telah menyebar foto seksinya di Instagram. Dalam foto tersebut terlihat Rihanna tidak pakai celana dalam. Aksi tersebut dilakukan Rihanna untuk mempromosikan single terbarunya. Benar-benar cara efektif untuk mendongkrak popularitas ya :-).

Berikut ini foto Rihanna tanpa celana dalam yang tersebar di Instagram:



Foto diatas di unggah rihanna pada 8 Desember 2012. Terlihat Rihanna, pelantun tembang Diamonds ini bersandar di perapian dan berpose tanpa celana sambil memalingkan wajah ke kamera.

Foto tanpa celana Rihanna ini bertuliskan caption:
Who needs fashion when there's pu$$y@badgalriri #MTFphotography
dan pada foto kedua bertuliskan caption:
Sneak peak new photoshoot @badgalriri #MTFphotography
yang juga banyak di komentari oleh para penggemarnya.

Untuk melihat foto Rihanna tanpa celana dan foto seksi lainnya, silahkan kunjungin instagram rihanna @mforde11. Dan semoga cara yang dilakukan Rihanna Sebar Foto Tanpa Celana di Instagram Untuk Promosi Single Terbarunya ini tidak di contoh oleh artis Indonesia untuk promosi lagunya karena tidak sesuai dengan budaya bangsa kita. Bisa bikin heboh kalo artis Indonesia seperti itu.

Ironis, Di Malaysia, Habibie Dianggap Pengkhianat Bangsa

Posted: 11 Dec 2012 05:23 PM PST

Ironis, Di Malaysia, Habibie Dianggap Pengkhianat Bangsa - Orang Malaysia memang suka bikin ulah ya, diantaranya mengatakan BJ Habibie sebagai pengkhianat bangsa atau penjajah. Hal itu seperti diberitakan media online Malaysia "Utusan". Tapi entah kenapa sekarang linknya sudah tidak ada, mungkin sudah dihapus beritanya. Dan memang seharusnya harus dihapus karena berita yang menjelekkan orang lain. Coba Anda buka link berikut ini:
http://www.utusan.com.my/utusan/Rencana/20121210/re_07/Persamaan-BJ-Habibie-dengan-Anwar-Ibrahim
Pasti sudah broken link kan?. Mungkin beritanya sudah dihapus.


Pernyataan bahwa BJ Habibie itu dikatakan seperti pengkhianat itu disampaikan oleh Mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin. Dia memberikan gambaran negatif soal Presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie. Dalam tajuk rencana koran Utusan Malaysia edisi Senin, 10 Desember 2012, Zainuddin menggambarkan Habibie sebagai sosok egois, memualkan, serta pengkhianat bangsa.

Memulai tulisannya, Menteri Penerangan di era Abdullah Badawi ini mengulas kedatangan B.J. Habibie ke Malaysia beberapa hari lalu. "Presiden Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang mencatatkan sejarah sebagai Presiden Indonesia paling tersingkat, tersingkir kerana mengkhianati negaranya, telah menjadi tamu kehormatan Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim baru-baru ini," tulis Zainudin di halaman 6 Utusan Malaysia.

Tulisan selanjutnya, Zainudin lebih banyak menceritakan beberapa sisi negatif Habibie selama menjadi Presiden Indonesia, mulai peran Habibie yang menyebabkan Timor-Timur terlepas dari NKRI hingga perpecahan politik yang menyebabkan tumbuhnya 48 partai politik di Indonesia. "Beliau mengakhiri jabatannya dalam kehinaan setelah menjadi presiden sejak 20 Oktober 1999," begitu Zainudin Maidin memberi penilaian.

Hal yang paling memualkan dari Habibie, menurut Zainudin, adalah sifat egoisnya. Ia menceritakan bagaimana dirinya, pejabat tinggi Malaysia, dan Perdana Menteri Mahathir Muhammad kala itu harus menunggu sekitar dua jam karena Habibie terlambat datang untuk memberikan ceramah di salah satu perguruan tinggi di Malaysia. Dan setelah tiba, ternyata Habibie hanya menyampaikan pidato yang bertele-tele. "Ucapannya yang penuh dengan keegoan begitu panjang sehingga ke peringkat memualkan hadirin," tulis Zainudin.

Atas undangan Universiti Selangor (Unisel), B.J. Habibie memberikan ceramah di hadapan para mahasiswa cendekiawan dan tokoh politik pada Kamis lalu, 6 Desember 2012. Dalam ceramah berjudul "Habibie dan Transisi Indonesia ke Demokrasi", mantan Ketua ICMI ini menceritakan pengalaman Indonesia dalam menjaga keragaman. Menurut Habibie, pluralisme kepercayaan, suku, adat, dan keragaman lainnya merupakan kekuatan dan bukan menjadi ancaman bangsa.

Habibie mencontohkan, walaupun penduduk Indonesia sebagian besar suku Jawa, bahasa nasional yang digunakan berasal dari bahasa Melayu. Beberapa pihak menyatakan bahwa bahasa Melayu menjadi lingua franca karena posisinya sebagai bahasa perdagangan. Namun, menurut Habibie, bahasa Melayu juga digunakan karena kebudayaan Melayu telah ada sejak lama.

Bisa jadi kegeraman Zainudin dipicu kekhawatiran kalau Habibie--yang di Indonesia dikenang sebagai salah satu tokoh penting dalam transisi demokrasi--membawa virus reformasi ke Malaysia.
 

Koleksi Unik Foto Replika Kapal Nabi Nuh di Belanda

Posted: 11 Dec 2012 06:00 AM PST

Koleksi Unik Foto Replika Kapal Nabi Nuh di Belanda -  Mungkin Anda sudah tahu cerita tentang kisah Nabi Nuh dan kapalnya. Tahukah Anda bahwa ternyata kapal Nabi Nuh itu cukup unik. Hal itu seperti replika buatan Johan Huibers, sang pembuat Perahu Nabi Nuh ini. Ia mempelajari semua tentang Kapal Nabi Nuh sebelum membuatnya, sehingga bisa terlihat sangat mirip seperti aslinya, berdasarkan tafsiran tulisan di tiga kitab suci umat Islam, Kristen, dan Yahudi. Kapal ini memiliki panjang 130 meter dengan tinggi 29 meter dan lebar 23 meter. Dan sekarang ini, Replika Kapal Nabi Nuh ini sudah selesai di buat di Kota Schagen Belanda dan diojadikan objek tujuan wisata spiritual.

Replika Kapal Nabi Nuh

Berikut adalah Koleksi Foto Replika Kapal Nabi Nuh di Belanda:
Replika Kapal Nabi NuhReplika Kapal Nabi Nuh
Replika Kapal Nabi NuhReplika Kapal Nabi Nuh
Replika Kapal Nabi NuhReplika Kapal Nabi Nuh
  
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all