Senin, 17 Desember 2012

rohmad.net

rohmad.net


Tip Menyembukan Gagap

Posted: 17 Dec 2012 09:11 AM PST


Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Salah satu artikel di blog ini yang paling sering diakses adalah Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap. Ternyata banyak sekali kawan-kawan yang bernasib seperti saya, pernah gagap atau sampai sekarang masih gagap :) Berikut ini cara-cara mengatasi, menyembuhkan, ataupun menghilangkan gagap yang saya kumpulkan dari komentar kawan-kawan pembaca [Tulisan-tulisan ini sudah saya edit, saya quote intinya saja. Karena banyak sekali sharing kawan-kawan, tidak semua saya tulis di sini, nanti kalau ada kesempatan akan saya lanjutkan lagi].

Oleh rohmad, April 24, 2008
Orang gagap awalnya merasa biasa-biasa saja. Seiring dia dewasa, dia semakin merasa bahwa gagap adalah sebuah kekurangan. Lebih lanjut, dia semakin merasa rendah diri dan tidak percaya diri. Hal ini persis pernah saya alami.

Justru itu, rasa rendah diri dan tidak percaya diri semakin membuat semakin susah untuk menghilangkan gagap. Jadi, langkah pertama adalah MENERIMA apa adanya. Setelah menerima ada adanya, berarti kita siap melakukan perubahan pada diri sendiri.

Ambisi yang terlalu kuat, dalam hal ini ambisi untuk menghilankan gagap, kadangkala (sering) justru malah menutup kemampuan kita untuk berubah. Sekali lagi, yang pertama dan utama adalah MENERIMA apa adanya, bahasa kerennya IKHLAS.

Selanjutnya, mulai berlatih untuk ngomong lancar. Dulu yang saya lakukan adalah:

  1. Latihan membaca keras. Kalau malu, lakukan di kamar tertutup rapat
  2. Latihan pidato sendiri
  3. Kalau perlu ngomong sama kursi, tembok, atau tempat tidur sendiri.

Oleh isaac, June 10, 2008
Terapi air panas campur garam efektif hilangkan gagap. Caranya tiap pagi air panas yang sudah dicampur dengan garam disiramkan diubun-ubun. lakukan tiap pagi, insya allah sembuh.. pantangan : jangan minum es..

Oleh Adhi, July 24, 2008
Gagap dapat disembuhkan dengan 1x 5.5jam terapi di klinik hipnoterapi , bahkan percaya diri bicara bahasa Inggris dan hipnoterapi anak-anak juga kami lakukan cukup 1x datang. Adhi Susilo – http://hipno-bicara.blogspot.com

Oleh annie, February 1, 2009
Yang terpenting , kita percaya untuk bisa ! dan BERANI untuk BISA .

Oleh Muslih, April 7, 2009
Saya juga gagap yang cukup parah dari kecil. Tapi baru-baru ini saya berhasil menemukan dokter yang bisa melakukan hipnoteraphy. Saran saya cari aja dokter yang bisa hypnotherapy [terus dari situ ntar di-hypnotherapy, DC skalian dikasih tips] atau latihan-latihan yang bsa dilakuin dirumah. Alhamdulillah bicara saya jadi jauh lebih lancar, tergantung ketenangan kita aja lagi dalam berbicara nya. Orang yang gagap tapi kalau ngomongnya gak tenang bisa juga kan gagap.

Oleh Lutfi, May 18, 2009
Yang saya pikir waktu mau bicara, kondisi hati rileks dan tenang, tarik napas dalam-dalam dan bilang pada diri sendiri "SAYA LANCAR BICARA".

Oleh Josh, September 3, 2009
Yang penting terima aja apa adanya, suatu saat akan sembuh.

Oleh Michael, September 5, 2009
Gagap bukanlah hal yang memalukan. Tetap lebih giat membuka diri dengan teman-teman. JANGAN PERNAH MENYERAH DAN TERUS BERJUANG.

Oleh Dal igbal, April 8, 2010
Gagap? Terima aja gak usah pake malu, itu nikmat Allah ar Rahman. Obatnya gampang aja yang penting kita tau kalo Allah mencoba karena ada maksud, bagi sodaraku yg muslim cara ngobatinya, yakni dengan membaca AL QUR'AN ,sebab AL QUR'AN adalah asyifa/penyembuh, selain ngobatin gagap, AL QUR'AN juga untuk menjernihkan mata hati.

Oleh dede, June 24, 2010
Gagap, rasanya malllllu banget, karena sering di ejek dan di ketawain sama teman-teman, maunya menyendiri aja biar gak ada yang tahu kalo saya gagap. Tapi seiring dengan bertambahnya umur dan keadaan sosial yang mengharuskan seringnya berinteraksi dengan orang lain akhirnya timbul motivasi dalam diri untuk menyembuhkan penyakit ini. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah maka hati menjadi tenang dan sering berlatih, juga kalahkan rasa takut, pasti gagap itu bisa hilang, seperti keadaan saya saat ini.

Oleh asE, July 20, 2010
Bagi semua teman-teman yang mempunyai "keistimewaan" gagap, jangan pernah malu. Gagap bisa diatasi seandainya kita punya kemauan yang cukup. Saya punya referensi untuk mengatasi gagap. Tapi yang paling penting dari keseluruhan cara di bawah ini adalah MOTIFASI. Tanpa motifasi, apapun yang kita lakukan tidak akan pernah berhasil dengan maksimal. Caranya adalah :

  1. Kesadaran dalam berbicara, sadarilah kalau kalian sedang berbicara. berbicara adalah sebuah ketrampilan, jadi harus dilatih.
  2. Perluas wawasan, karena dengan wawasan yang luas bahan pembicaraan juga akan semakin banyak dan semakin kita kuasai. dan dengan menguasai bahan pembicaraan kita akan semakin lancar untuk berbicara.
  3. Perlambat tempo berbicara dengan memperpanjang bunyi vokal. bunyi-bunyi vokal akan sangat membantu dalam memperlancar konsoman-konsonan yang sulit untuk diucapkan (k, c, l, m, t, p, b). misalnya kata "ketrampilan", bisa kita perpanjang menjadi keeetraampiilan.
  4. Gunakan irama saat berbicara dan hindari berbicara dengan irama yang datar. dengan irama, bicara kita akan semakin enak diucapkan disamping juga enak untuk didengar. bukankah kalian tidak pernah gagap saat bernyanyi?
  5. Gerakkan tangan dan kalau perlu kepala untuk membantu mengeja kata-kata sulit. dengan gerakan tangan dan kepala letupan udara yang keluar dari mulut akan semakai mudah untuk dikeluarkan, karena biasanya huruf-huruf yang sulit untuk diucapkan adalah huruf konsonan letup.
  6. LATIHAN, LATIHAN, DAN LATIHAN. inti keluar dari problem gagap adalah selalu latihan, karena bicara adalah ketrampilan yang hanya dapat dikuasai dengan baik melalui latihan yang teratur.
  7. Cara yang terakhir adalah dengan berpikir positif (ikhlas). jangan pernah ada pikiran kalau kita akan gagap saat akan berbicara, kalau kalian mempunyai pikiran tersebut maka apa yang kita pikirkan akan menjadi sebuah kenyataan. jadi pikirkan saja dan setinglah pikiran kita bahwa semuanya akan lancar dan semuanya akan baik-baik saja. ingatlah saat di mana kalian berhasil untuk tidak gagap. dan ingatlah saat kalian lebih berhasil lagi untuk tidak gagap, dan seterusnya. maka mindset ini kan berjalan lebih baik dari hari ke hari.

sekian masukan dari saya, semoga bermanfaat untuk semuanya. kalau masih ada yang perlu dibahas hubungi saya. kita akan diskusikan lebih lanjut.

Oleh RIZA, July 22, 2010
Setelalah saya membaca semua komen situs ini ternyata banyak juga yah yang gagap. Gimana kalau kita bikin Komunitas? Mungkin ini bisa membantu. Entah satu minggu sekali kita kumpul untuk latihan mengatasi gagap kita ini. Saya berfikir dengan cara menggumpulkan orang-orang yang gagap kemudian kita latihan bersama akan mempermudah penyembuhannya. Seperti latihan pidato, presentasi, dll. Coba pikirkan oleh kalian semua:

  1. lebih tenang mana ketika kita presentasi di dpn banyak orang yg tidak gagap
  2. presentasi di depan byk orang yg gagap????

Saya akan memeilih NO 2 karena yang presentasi, sama yangg melihat sama-sama gagap. Jadi sudah tau satu sama lain. Oleh karena itu saya ingin sekali membentuk komunitas gagap. Dan saya mohon dengan sangat kepada orang-orang yang sudah sembuh dari gagap nya untuk membagi pengalaman-pengalaman nya kapada kami. Untuk komukasi selajutnya, untuk membuat komunitas gagap ini please add Facebook: riza.usman@gmail

BUAT yang domisili Bandung, gabung yuk di Komunitas gagap melaui grup facebook (komunitas stuttering bandung) kita sharing tentang masalah kita.

Oleh afandy, August 9, 2010
Saya ada sedikit tips : Caranya, saat awal memulai berbicara yang kira-kira akan gagap, tarik nafas dalem-dalem truss keluarkan dari mulut. Nah, saat di akhir nafas keluarkan bersaamaan dengan kata-kata yang akan di lantunkan secara spontan, hal ini akan menipu otak bawah sadar yang mengira kita akan mengeluarkan nafas saja. Yang terpenting tetaplah percaya diri.

Oleh Indra, November 10, 2010
Gagap bisa dihilangkan dengan cara berbicara pelan dan berfikir tenang. Biasanya gagap akan lebih parah kalau kita berbicara kepada orang yang belum kita kenal atau kepada orang penting, orang galak atau serem, atau ketika ingin mengutarakan sesuatu yg kita anggap sulit diterima. Saya punya tips:

  1. Yakinkan diri sendiri "aku lancar bicara"
  2. Anggap lawan bicara kita adalah orang biasa seperti kita (hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri)
  3. Untuk mengadapi lawan bicara yg kasar atau galak, anggap itu obat mujarab,  karena anda berhadapan dengan orang yang levelnya dibawah anda sehingga anda lebih pede dan bisa menguasai keadaan, tentunya kita harus menghindari kekerasan.
  4. Gunakan teknik berbicara ala reporter, terutama saat bicara didepan orang banyak atau saat pidato
  5. Sesekali bercanda untuk mengendurkan ketegangan,  sehingga kita lebih rilek.
  6. Semoga bermanfaat buat semua. Salooom

***

Demikianlah tips dari kawan-kawan di komentar artikel Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap. Anda pengin sharing? Silahkan komentar di sini. Jangan malu, kita senasib kok :)

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all