Jumat, 21 Desember 2012

rohmad.net

rohmad.net


Les Bahasa Inggris di English First

Posted: 21 Dec 2012 11:11 AM PST

Sejak Agustus 2012 saya ikut kursus “Business English” di English First (EF) Karawaci-Tangerang. Motivasinya simple, saya ingin bisa bicara bahasa Inggris dengan lancar. Memang sih, hampir setiap hari di kantor selalu nulis email dalam bahasa Inggris, saya juga biasa membaca buku-buku (books), koran (news paper), dan majalah (magazine) dalam bahasa Inggis. Tapi kenapa kok kemampuan listening dan conversation bahasa Inggrisku tidak sebagus nulis dan baca dalam bahasa Inggris, ya? Pertanyaan ini tidak usah susah-susah dicari jawabannya, langsung aja cari solusinya dengan les bahasa Inggris :)

Tahun 2008 lalu waktu saya punya atasan seorang expat dari London, setiap meeting saya selalu gelagapan. Banyak kata-katanya yang saya kurang jelas ngertiinnya. Sebenarnya kalau ditulis, saya mengerti semua. Tapi kalau diucapkan, saya banyak gak ngertinya. Untunglah belio bisa ngertiin saya, sehingga kalau saya manggut-manggut dengan raut muka tidak meyakinkan, belio hanya tersenyum kecil tanda maklum.  Selain kemampuan listening yang jelek, kemampuan conversation saya juga jelek. Kalau saya ngomong, belio tertegun sejenak sambil berpikir, sepertinya sedang berusaha mengerti  yang saya omongkan. Namun lama-lama tampaknya komunikasi kami semakin lancar. Hingga akhirnya setelah sebulan kami sering ketemu dan bicara, beliau bilang gini “Rohmad, finally you understand me.” He…he… ngledek banget ya :) Sayapun bilang gini, “Now you understand me as well, Pak :)

Sampai sekarangpun, kemampuan bicara bahasa Inggris saya hanya sekedarnya saja, sekedar bisa ngomong dan sekedar ngertiin omongan lawan bicara. Pronunciation dan logat bicara masih berantakan, terlalu medhok Jawanya :) Paling tidak, saya mengerti kekurangan saya sehingga punya niat untuk meningkatkannya. Begitu ceritanya :)

Saya memilih EF, karena pengajarnya native speaker, orang bule yang di negara sononya sehari-harinya bicara pakai bahasa Inggris. Selain itu, EF memang dikenal sebagai lembaga kursus bahasa Inggris yang paling bagus, bahkan di seluruh dunia. Gimana biayanya. Sebagai gambaran saja, biaya 1 term kursus (seminggu 3 jam pelajaran selama 3 bulan) sekitar 2 juta-an. Harga segitu  apakah termasuk mahal atau murah? Saya sendiri tidak begitu tahu ya, karena tidak terlalu membandingkan dengan lembaga pendidikan bahasa Inggris yang lainnya. Pokoknya saya memegang prinsip ini “Jer Basuki Mawa Bea” yang artinya kalau mau mendapat/menjadi yang baik ya harus mau mengeluarkan biaya :)

Sistem pengajarannya lumayan bagus. Fokus kompetensi yang diutamakan adalah kemampunan conversation, sehingga siswa di-encourage untuk berani ngomong dan menyampaikan gagasan.

Segini dulu ceritanya. Nanti kapan-kapan kalau sempat akan  saya lanjut lagi ceritanya. In summary, EF sangat recommended sebagai tempat belajar untuk meningkatkan kemampunan bicara dalam bahasa Inggris.

 

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all