Sabtu, 04 Februari 2012

Citadel, Saksi Sejarah Perang Salib

Tak salah jika Mesir dianggap sebagai kota sejarah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangunan peninggalan ratusan bahkan ribuan tahun lalu yang dapat kita temui di kota ini. Salah satu tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi di kota Mesir adalah Citadel. Citadel merupakan sebuah benteng yang menjadi landmark Kota Kairo.

Lokasi benteng ini berada tidak jauh dari Universitas Al-Azhar, Kairo. Situs ini merupakan salah satu jejak peninggalan Perang Salib ke-2 yang terjadi sekitar tahun 1140-an sampai sekitar tahun 1190-an. Di dalam Citadel terdapat dua masjid kuno, yaitu Masjid Al-Nasir Mohammad Ibn Qalaun dan Masjid Mohammad Ali Pasha. Kedua masjid ini memiliki keindahan dan arsitektur yang khas.

Masjid Al-Nasir Mohammad Ibn Qalaun dibangun pada tahun 1335 Masehi oleh Al-Nasir Mohammad Ibn Qalaun. Masyarakat Kairo menyebutnya Masjid Benteng karena bangunan ini berbentuk persegi panjang dan dikelilingi oleh tembok yang keras dan kokoh serta lantainya yang terbuat dari marmer masih terlihat utuh.

Sedangkan Masjid Mohammad Ali Pasha dibangun pada tahun 1830 Masehi oleh Mohammad Ali Pasha. Arsitektur masjid ini sangat indah karena kubahnya terlihat menjulang dan selalu menjadi objek foto bagi para penggemar fotografi.

Selain kedua masjid ini, di dalam Citadel juga terdapat Military Museum yang didalamnya terdapat berbagai koleksi peninggalan militer mesir dari tahun ke tahun. Bila Anda berwisata ke Kairo, Mesir ada baiknya berkunjung ke Citadel dan merasakan langsung benteng peninggalan Perang Salib ini.

(Berbagai sumber)
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright omongan.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all